Posted on

Chrome

       

Chrome

Pada dasarnya teknik pelapisan logam, electroplating, atau biasa di sebut krom oleh masyarakat umum,bertujuan untuk melapisi logam agar tahan terhadap korosi atau karat dan juga untuk menambah keindahan pada logam tersebut.Proses pelapisan chrome ini terjadi karena adanaya  perpindahan partikel logam yg ada pada plat pelapis atau ANODA ke logam yang akan dilapis atau KATODA. Untuk perpindahan partikel tersebut tidaklah semudah mengelas logam, untuk krom dibutuhkan senyawa dan alat listrik atau berupa travo. 

1. Alat Listrik. 
    Alat listrik yang digunakan berupa travo biasa namun bukanlah travo yang digunakan untuk mengelas, Travo atau rectifier yang digunakan haruslah baik tidak terjadi kebocoran arus,karena sebagian besar hasil pelapisan ditentukan oleh Rectifier, termasuk besar kuat arus listrik (amper) pada travo atau Rectifier tersebut. Semakin besar kuat arus (amper) maka makin cepat dan baik hasil pelapisan. Untuk mendapatkan travo bisa kita merakit sendiri di spesialis elektronika.
 
 
 
 
 
 Anoda pada posisi positif/plat dan Katoda pada negatif/barang yang akan di krom.
2. Plat Logam
    Plat NIKEL, TIMAH, TEMBAGA, KUNINGAN, Zing. namun pada umumnya sering digunakan adalah plat Nikel, dan krom atau Timah.
3. Senyawa Kimia
    Untuk larutan pertama digunakan senyawa Nikel dan finising pada senyawa krom. Untuk pelapisan logam berupa aluminium harus memakai penghantar berupa cairan, bisa menggunakan aluminium sell,atau zincatedll. Untuk logam besi cukup direndam HCL yang berguna untuk menghilangkan karat dan kotoran.
4. Gerinda
    Gerinda berfungsi untuk menghaluskan barang yang akan kita krom agar dapat hasil yang maksimal. Gerinda yg digunakan kapasitas 1HP.

FORMULA DAN PENCAMPURAN OBAT PERLITER
NIKEL :
              Aquades                                                                              1L
              Boric Acid                                                                           40 gr/L
              Nikel Sulphat                                                                        250 gr/L
              Nikel Chloride                                                                      60 gr/L
              Brigthner Magnum      (07)                                                    1 cc
                             AM             (06)                                                    30 cc
Untuk Brigtener bisa digunakan yang bermerek apa saja yang banyak beredar di Toko Kimia.
CHROME :
                  Aquades                                                                          1 L
                  Chromic acid                                                                   250gr/L
                  Asam Sulphat                                                                  0,40cc/L,
Sebelum senyawa tersebut di cdampur air aquades terlebih dahulu dipanaskan dengan heater dan menggunakan ember plastik,jangan menggunakan bahan logam agar senyawa tidak terkontaminasi.
PROSES PENGERJAAN CHROME
Pertama barang logam yang akan di lapisi harus bersih dari karat/cat, untuk cat dibersihkan dengan menggunakan Remover terlebih dahuli, jika logam tersebut telah bersih dimasukan kedalam HCL, kecuali bahan yg terbuat dari aliminium tidak dimasukan ke tahap tersebut. Jika sudah bersih maka bisa dilanjutkan ketahap Pengamplasan dengan kain puli yg di tempelkan amril. Setelah halus maka dilakukan pemolesan dengan kain puli halus. Setelah proses tersebut selesai maka lanjut ke tahap pencucian dengan menggunakan bensin,lalu setelah itu dilakukan lagi pencucian dengan sabun Colek. Pencucian haruslah benar – benar bersih agar hasil plating nikel tidak ada noda kehitaman.hidupkan travo sekitar 3-7 V lalu masukan barang tersebut ke senyawa Nikel. logam yang di plating haruslah semua terendam dalam senyawa nikel tersebut. Jarak anoda dan katoda minimal 5  – 10 cm. Setelah semua benar – benar rata terlapis maka bisa diangkat. Jika hasil ada kehitaman maka dilakukan polesing halus dan hati – hati dengan sedikit batu Hijau. Setelah bersih maka barang tersebut dicuci segera agar tidak timbul jamur,dalam keadaan basah logam yang sudah terlapis Nikel harus di masukan ke dalam bak berisi senyawa crom dengan tegangan 12V selama beberapa detik saja sampai semua terlapis. jika pada pencelupan krom terdapat noda keabuan maka lakukan polishing dengan kain puli halus secara perlahan dan hati – hati.

Fatal error: Allowed memory size of 41943040 bytes exhausted (tried to allocate 94 bytes) in /home/sbgplcom/public_html/wp-includes/cache.php on line 635